It's me


Rabu, 18 Juli 2012

Gangguan pada Jaringan Komputer


Gangguan pada Jaringan Komputer


Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan merupakan pekerjaan yang harus dilakukan oleh administrator jaringan.
Komputer yang terhubung jaringan sering kali mengalami gangguan atau kerusakan baik dari hardware atau software. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya pengguna komputer yang terhubung dalam sistem jaringan. Jaringan komputer sangat rawan terhadap gangguan atau kerusakan.
Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan tersebut adalah :
- Tegangan Listrik
Tegangan listrik dapat menyebabkan gangguan apabila tegangan yang dihasilkan tidak stabil, sering terjadi naik turun atau mati mendadak dari sumbernya (PLN). Sumber listrik yang kita gunakan tidak baik atau stabil, dapat menyebabkan peralatan yang digunakan mudah rusak.
- Mati atau tidak Barfungsinya Komponen pada Jaringan
Mati atau tidak berfungsinya komponen pendukung jaringan disebabkan oleh korosi (berkarat) dan rusak. Korosi yang terjadi dikarenakan ruang atau tempat jaringan yang lembab dan juga pemakaian yang sudah terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala.

Selain itu, di bawah ini terdapat beberapa indikasi kerusakan pada masing-masing komponen, sebagai berikut:
a)     Server
Merupakan komputer yang biasanya dikhususkan untuk penyimpanan data atau sistem operasi yang berbasis network (Network Operating System), berisikan daftar user yang diperbolehkan masuk ke server tersebut.
b)    Workstation
Merupakan komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer dengan server. Pemanfaatan jaringan tersebut dapat berupa sharing data, sharing printer dan sebagainya.
c)     Hub/switch
Merupakan terminal atau pembagi signal data bagi kartu jaringan (network card). Jika hub rusak berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi.
d)    Network Interface Card (Kartu Jaringan)
Sebuah kartu jaringan (LAN Card) yang terpasang pada sebuah komputer server maupun workstation sehingga komputer dapat dihubungkan ke dalam sistem jaringan. Jika terjadi kerusakan pada kartu jaringan berakibat pada komputer tersebut tidak dapat masuk dalam sistem jaringan.
e)     Kabel dan Konektor
Kabel dan konektor merupakan media penghubung antara komputer satu dengan yang lainnya atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan.




Sumber: modul pembelajaran SMK

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar